Sabtu, 01 Agustus 2015

Ospek



Setelah berakhirnya liburan. Kini semua orang sedang sibuk menyiapkan diri untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi dari SMA untuk masuk Kuliah. Kalian pasti akan mengalami yang namanya Ospek. Ospek itu sendiri adalah Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Jadi disini gue akan ngebahas tentang Gaya Ospek yang dilakukan di Indonesia. Di Indonesia sendiri Ospek yang dilakukan masih sangat buruk. Itu la kenapa gue masih tidak setuju dengan kegiatan Ospek yang di lakukan di Indonesia ini, berikut alasan kenapa kita harus malu dengan cara Ospek yang dilakukan di Indonesia...
Ada yang bilang "Ospek bikin fisik lu jadi kuat" #1

ITU KAN TAI! Lu bayangin aja gak mungkin seseorang bisa menjadi kuat hanya dalam 3 atau 4 hari aja. Fisik yang kuat itu berasal dari usaha bertahun-tahun yang dilatih. Gak mungkin lu bisa mengubah fisik seseorang  menjadi kuat hanya dalam 3 sampai 4 dengan cara di teriak-teriakin. Mata 4, mata 4, mata 4!, atau india, india, india atau bahkan cina, cina, cina! Gitu aja terus sampai Doraemon kawin sama tikus. Atelit olahraga or sport player mereka dilatih fisiknya dengna latihan bertahun-tahun dan setiap hari bukan dengan cara diteriakin 4 hari. Gue di UMC, memang gak ada dapet kekerasan fisik tapi gue tau tempat yang banyak ngelakuin kekerasan fisik kayak gitu. Intinya itu OSPEK ITU GAK PERLU PAKAI FISIK.

"Ospek membuat mental lebih kuat" #2

TAI! Emang senior kamu fakultas psikologi? Udah tau mentalitas orang? Udah belajar kehebatan dan mind set orang y? Emang senior-senior yang Ospekin kita sudah terkualifikasi untuk memberikan mental health? Gak sama sekali kan. Itu Psikolog yang udah lulus aja belum tentu bisa membuat mental kita lebih kuat. Sekarang kita lihat metodenya, diterikakin, dikucilkan, dimalu-maluin itu bukan cara yang benar untuk membuat mental seseorang menjadi kuat. Dengan membuat orang malu, diterikakin dengan membuat orang sedih, itu bukan CARANYA.

"Ospek menghajarkan untuk hormat dengan senior" #3

BULLSHIT. Listen to this. Respect is earned not taugh. Kalo lu butuh buat junior untuk respect sama lu dengan cara meneriak-neriakin junior lu. Itu bukan respect namanya. Gue bakal respect sama senior-senior kalo mereka memang hebat, pinter, pokoknya gue kagum sama mereka. gak ada hubungannya kita di Ospek sama hormat dengan senior.

"Ospek bisa membuat kita lebih displin" #4

TAI! gak ada yang namanya diteriakin sama senior selama 4 hari terus tiba-tiba kamu jadi rajin ngerjain tugas atau apalah. Displin itu kebiasaan seseorang yang jelas susah untuk diubah. Kalo dengan cara diteriakin seseorang sifatnya bisa berubah menjadi lebih displin, kenapa gak sekalian aja lu teriakin diri sendiri supaya jadi kaya. Gak usah kerja lagi kan?

Jadi kenapa kita gak mengubah Ospek secara positif. Karena menurut gue kalo ospek bisa dilakukan secara positif dampaknya kedepan sendiri bisa sangat baik.

Gue mengajukan proposal sebagai berikut:
1. Kegiatan sosial
2. Bakti sosial
3. Nulis Essay

Kalo kalian lihat di Singapura. Ospeknya mereka itu, pergi ke subway terus kasih high five ke setiap orang. itu Positif. Itu positif! Kenapa kita harus diteriak-teriakin dan dibikin malu, sementara kita bisa memberikan hal yang positif untuk komunitas kita di Indonesia.

Buat yang mau masuk kuliah. Walaupun gue ngomong ini, tetep hormat sama senior dan guru tapi kalian jangan mau dibego-begoin dan dibully sama mereka. Buat yang mau Ospek good luck. Intinya adalah Semoga Indonesia bisa mengubah kebiasaan negatif dalam Ospek dan berubah menjadi kearah yang positif.

Oh ia, Gue gak akan pernah bosen-bosen buat ngajakin kalian semua buat tukar pikiran atau pun kalau ada yang mau nanya-nanya tapi ngerasa malu karena enggak kenal gue. Lu bisa tanya di gambar dibawah ini ya dengan cara mengkliknya, gue orangnya open minded kok dan gak gigit, jadi kalian semua bisa tenang. Makasi buat yang udah baca ini dari awal sampe habis!

gumpalan bola, ngaca hehe
Sumber: skinnyindonesian24 https://www.youtube.com/watch?v=OS7BJE3vnWU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar